Menu Sehat Untuk Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat Saat Puasa

Karbohidrat sehat ( kompleks ) sangat diperlukan oleh tubuh kita, apalagi bagi Anda yang sedang menjalankan program puasa. Dengan mengetahui apa saja sumber karbohidrat yang baik dan memasukkannya kedalam menu sehat makan Anda, maka Anda akan bisa memiliki tubuh yang lebih bugar pada saat berpuasa.


Menu makanan sehat yang bersumber dari karbohidrat kompleks memiliki keunggulan karena lebih lama dicerna tubuh, sehingga memberikan energi yang lebih lama untuk tubuh Anda. Pada saat sahur sangat baik untuk mengkonsumsi makanan ini, karena saat harus menahan rasa lapar selama 10-14 jam ketika berpuasa, tubuh Anda memerlukan pasokan nutrisi yang lambat cerna, bukan makanan yang cepat dicerna.

Makanan tipe ini, bisa bertahan ditubuh Anda hingga delapan jam. Sementara makanan yang berada dalam kategori cepat cerna ( karbohidrat simple ) hanya akan bertahan sekitar 3-4 jam.
Beberapa jenis makanan yang merupakan sumber dari karbohidrat yang sehat, adalah:

Sayur mayur
Sayuran kaya kandungan air, rendah lemak dan memiliki berbagai jenis kandungan vitamin serta mineral. Sebagian besar sayuran adalah sumber karbohidrat yang baik ( kompleks ). Misalnya : brokoli, bayam, wortel, kentang, ubi, bawang bombay, selada, seledri dan asparagus.

Buah-buahan
Buah-buahan cenderung kaya kandungan air, serat dan vitamin. Buah yang bisa menjadi pilihan Anda saat puasa ( sahur atau berbuka )seperti : apel, salak, pir, jeruk, pisang dan melon.

Biji-bijian
Banyak biji-bijian dikenal sebagai sumber karbohidrat kompleks. Misalnya : gandum, selain kaya kandungan karbohidrat kompleks juga memiliki kandungan protein, rendah lemak dan kaya akan serat. Anda juga bisa memilih beras merah, barley, oat dan beberapa jenis biji-bijian yang lain.

Polong-polongan
Banyak polong-polongan bisa dijadikan sumber karbohidrat kompleks bagi tubuh Anda, seperti : kacang merah, kedelai, kacang polong, black bean dan kidney bean.

Itulah beberapa sumber karbohidrat sehat yang bisa Anda gunakan sebagai menu sehat sahur dan berbuka puasa. Dengan memvariasikan sumber makanan diatas, niscaya Anda akan memiliki tubuh yang lebih bugar untuk beraktifitas meskipun Anda sedang menjalankan program puasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...